Senin, 02 Mei 2011

SEJARAH DAKWAH RASULULLAH DI MADINAH

     Karateristik dakwah rasulullah di madinah sangat berbeda dengan dakwah nya pada saat di makkah. Di makkah rasulullah melakukan dakwah nya dengan  sembunyi-sembunyi atau hanya dari orang ke orang. Tetapi di madinah  penduduknya telah memeluk agama islam sebelum rasulullah hijrah ke madinah.

A.SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW. PERIODE MADINAH

        Pada tahun  621 M, 10 orang kharaj dan dua orang suku aus menemui nabi Muhammad saw. Di aqabah.mereka menyatakan diri masuk islam  dan melakukan baiat  kepada nabi Muhammad saw. Peristiwa ini di sebut aqabah pertama. Pada musim haji berikutnya (622) sebanyak 75 orang rombongan haji dari madinah menemui nabi Muhammad saw.di aqabah.mereka mengjak nabi Muhammad saw. Hijrah ke madinah . pada waku itulah terjadi baitul aqabah yang ke dua.
         Dakwah rasulullah saw.perde madinah berlangsung selama  sepuluh tahun, semenjak tanggal 12 rabiul awal  tahun pertama hijrah sampai dengan wafatnya rasulullah saw.tanggal 13 rabiul awal tahun ke-11 hijrah .

B. STRATEGI DAKWAH RASULULLAH PERIODE MADINAH

Pokok-pokok pikiran yang di jadikan strategi dakwah rasulullah  saw.priode madinah antar lain:
1.       Berdakwah itu hukumnya wajib bagi rasulullah dan umat nya.
2.       Berdakwah dilandasi niat ikhlas  karena allah swt.
3.       Metode (cara) mengerjakan dakwah sesuai dengan  petunjuk allah swt.yang terdapat dalam surah An-Nahl ayat 125.
4.       Berdakwah di mulai dari dir sendiri.
Nabi Muhammad saw.dan kaum muslimin bertama usaha membangun landasan- landasan  utama bagi terbentuknya sebuah masyarakat islam atau masyarakat madani.
Usaha-usaha yang di lakukan oleh nabi Muhammad, yaitu:
1.       Membangun mesjid, dan pada saat mesjid itu selesai nabi Muhammad saw.menggunakannya sebagai pusat peribadahan, perencanaan kegiatan masyarakat, pendidikan dan latihan.
2.       Mempersaudarakan kaum ansar dan muhajirin
3.       Menyusun undang –undang (dustur).








                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar